Judul Buku : Manajemen Proyek Konsep dan Implementasi
Pengarang : Budi Santoso
Bab 2 . Siklus Hidup Proyek
Di dalam bab ini diberikan tahap tahapan dalam hal perkembangan produk. Tahap tahapan tersebut yaitu, Perkembangan produk biasanya diawali dengan riset dan pengembangan (R &D), dilanjutkan dengan pembuatan desain, pengenalan ke pasar, pertumbuhan, matang, penurunan sampai pr duk tersebut mencapai tahap mati dan tidak diproduksi lagi. Di dalam setiap tahapan dijelaskan lebih rinci dan berisi gambar agar pembaca cepat memahami. Jika disimpulkan seperti ini :
a. Riset dan Pengembangan (R&D) Dimana pada tahap ini sebuah produk yang akan dipasarkan, terlebih dahulu menentukan model dan desain pembuatan produk.
b. Pengenalan Pasar. Dimana pada tahap ini produk siap dipasarkan, dan kita dapat melihat bagaimana tanggapan masyarakat terhadap produk yang kita pasarkan.
c. Tumbuh. Dimana adanya peningkatan terhadap minat masyarakat tentang produk yang dipasarkan.
d. Matang Dimana pada tahap ini pemasaran produk sudah mencapai batas maksimal maka dari itu perusahaan tinggal menjaga batas pemasaran produk ini agar dapat berlangsung lama, karena sudah tidak bisa penambahan produk tersebut.
e. Penurunan. Tahap dimana masa pemasaran sebuah produk menurun.
f. Mati. dimana sebuah pemasaran produk mencapai tahapan akhir, karena tidak adalagi minat masyarakat terhadap produk tersebut dan produk tersebut sudah tidak dipasarkan kembali.
Tahap tahap proyek :
a. Tahap Konsepsi
b. Tahap Perancanan
c. Tahap Eksekusi
d. Tahap Operasi
Konsepsi dibagi menjadi 2 bagian yaitu Inisiasi proyek dan kelayakan. Inisiasi proyek adalah titik dimana ide tentang proyek lahir. Sedangkan kelayak proyek adalah proses investigasi terhadap masaah dan mengembangkan solusi secara lebih detail.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar