Minggu, 08 Oktober 2017

Review Jurnal : PENGARUH MANAJEMEN STRATEGI, PENGETAHUAN DAN TINGKAT PENGGUNAAN INTERNET / TIK TERHADAP KINERJA MANAJERIAL USAHA MIKRO & KECIL


Review Jurnal : PENGARUH MANAJEMEN STRATEGI, PENGETAHUAN DAN TINGKAT PENGGUNAAN INTERNET / TIK TERHADAP KINERJA MANAJERIAL USAHA MIKRO & KECIL
Identitas          
Judul        : PENGARUH MANAJEMEN STRATEGI, PENGETAHUAN DAN TINGKAT PENGGUNAAN INTERNET / TIK TERHADAP KINERJA MANAJERIAL USAHA MIKRO & KECIL
Penulis  : Toto Sugiharto, Novita Sulistyowati dan Rina Noviyanti
Tahun 2-3 Mei 2016
Halaman : 207 - 223       

PENDAHULUAN

Jumlah usaha mikro dan kecil di indonesia cukup besar tahun 2009 tercatat sekitar 52 juta unit usaha mikro di indonesia. Namun sumbangan usaha mikro dan kecil bagi PDB atau kegiatan eskpor masih sangan kecil dibandingkan usaha menengah dan besar.
Penelitian ini memfokuskan pada empat hal yaitu : tingkat pengetahuan umum teknologi informasi dan komunikasi ( PUTIK), intensitas dan pemanfaatan fasilitas teknologi informasi dan komunikasi (FPTIK), persepsi tingkat kepentingan informasi bisnis (TKIB) dan intesitas pemindaian lingkungan bisnis ( FPLB). sehingga nantinya kita dapat mengetahui hubungan antara strategi Bisnis dan strategi teknologi informasi.
Manajemen Strategi dan Kinerja Usaha Minro dan kecil dipengaruhi pada lingkungan usaha yang mengalami perubahan cepat dan persaingan ketat sehingga perusahaan harus memiliki strategi dalam meningkatkan kinerja. Dalam memaksimalkan pasar usaha mikro juga bergantung pada tingkat pengetahuan pelaku usaha dan tindak pesaing serta tindak usaha pengelola.
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan Daya Saing Usaha Mikro dan kecil juga berpengaruh dalah membangun dan memperkuat daya saing. TIK membantu pelaku usaha dalam melakukan pemindaian lingkungan usaha, baik dalam mencari peluang usaha maupun dalam mengidentifikasi ancaman usaha, meningkatkan inovasi dan produktivitas, dan memperbaiki kinerja keorganisasian. Dalam hal ini internet sangan berpengaruh.

HIPOTESIS PENELITIAN



Berdasarkan model penelitian yang disajikan dalam gambar 1, dapat dirumuskan hipotesis penelitian sebagai berikut. 
  • Tingkat pengetahuan umum tentang teknologi informasi dan komunikasi, intensitas pemanfaatan fasilitasteknologi informasi dan komunikasi, persepsi tentang tingkat kepentingan informasi bisnis, dan intensitas pemindaian lingkungan bisnis berpengaruh terhadap komprehensivitas strategi bisnis. 
  • Tingkat pengetahuan umum tentang teknologi informasi dan komunikasi, intensitas pemanfaatan fasilitasteknologi informasi dan komunikasi, persepsi tentang tingkat kepentingan informasi bisnis, dan intensitas pemindaian lingkungan bisnis berpengaruh terhadap komprehensivitas strategi teknologi informasi dan komunikasi. 
  • Tingkat pengetahuan umum tentang teknologi informasi dan komunikasi, intensitas pemanfaatan fasilitasteknologi informasi dan komunikasi, persepsi tentang tingkat kepentingan informasi bisnis, dan intensitas pemindaian lingkungan bisnis berpengaruh terhadap derajat keselarasan antara strategi bisnis dan strategi bisnis teknologi informasi. 
  • Komprehensivitas strategi bisnis,komprehensivitas strategi teknologi informasi dan komunikasi, danderajat keselarasan antara strategi bisnis dan strategi bisnis teknologi informasi berpengaruh terhadap kinerja usaha. 

TUJUAN

Tujuan Jurnal ini dalah untuk menganalisa peranan apa saja yang berpengaruh dalam kinerja usaha dalam usaha mikro dan kecil, misalnya teknologi informasi dan komunikasi dalam perusahaan, pemanfaatan fasiitas teknologi dan informasi dan pengetahuan bisnis yang dimiliki.

METODE PENELITIAN

Metode penelitian yang digunakan antara lain :
Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini sebagian besar adalah metode kuantitatif, yaitu sebagai berikut:
a. Metode pengukuran skala dengan menggunakan Semantic Differential dan Likert Summated Rating yang diwujudkan dalam bentuk instrumen penelitian yang menjadi pedoman peneliti untuk mengukur setiap variabel. Instrumen tersebut diuji validitas dan reliabilitasnya. 
b. Metode penetapan dimensi atau pengelompokan indikator yang tepat dengan menggunakan analisis faktor sekaligus mengukur construct validity. 
c. Reliabilitas instrument untuk mengukur discriminating power dengan menggunakan uji Cronbach alpha. 
d. Pengujian asumsi penelitian yang meliputi sifat distribusi sampel, multikolinieritas, dan otokorelasi. 
e. Model analisis jalur(path analysis—PA),  digunakan untuk mengukur arah dan keeratan hubungan kausal antar-variabel penelitian untuk setiap model jalur yang dibuat sesuai hipotesis penelitian. 

HASIL DAN PEMBAHASAN


Tabel 1. Deskripstif Responden 
Pada tabel ini menunjukan penggunaan teknologi komputer/ PC, pengguaan internet dan pemanfaatan dalam pengunaan memiliki presentasi yang tinggi

Tabel 2. Nilai Rata-rata Variabel Penelitian 
Berdasarkan penelitian. Pengetahuan Umum Teknologi Informasi dan Komunikasi(PUTIK), Komprehensitivitas Strategi Bisnis memiliki niai rata rata yng tinggi.

Tabel 3. Peringkat Hasil Jawaban Responden 
Variabel intervening (variabel antara) 

Tabel 4. Peringkat Hasil Jawaban Responden 
Variabel endogen (variabel terikat) 
Variabel endogen (variabel terikat) dalam penelitian ini adalah kinerja usaha.Kinerja usaha diukur melalui 9 indikator, yaitu kondisi usaha secara umum, produktivitas, kualitas produk (barang atau jasa), profitabilitas, pertumbuhan penjualan, sumber daya financial, citra perusahaan, dan kesetiaan pelanggan.Hasil rata-rata menunjukkan angka sebesar 5,18 yang artinya usaha mikro dan kecil yang dimiliki dan atau dikelola responden memiliki kinerja usaha baik 

Tabel 5. Peringkat KU



SIMPULAN 

Simpulan 
Simpulan umum yang diperoleh dalam penelitian ini adalah bahwa kinerja usaha secara tidak langsung, yakni melalui komprehensivitas strategi bisnis, komprehensivitas strategi teknologi informasi dan komunikasi, dan keselarasan antara strategi bisnis dengan strategi teknologi informasi dan komunikasi, dipengaruhi oleh persepsi tentang tingkat kepentingan informasi bisnis, intensitas atau frekuensi pelaku usaha mikro dan kecil dalam melakukan pemindaian lingkungan bisnis, tingkat pengetahuan umum tentang teknologi informasi dan komunikasi, intensitas atau frekuensi pemanfaatan fasilitas teknologi informasi dan komunikasi. 

KEKURANGAN

Pada jurnal ini kurang menekankan Teknologi apa saja yang diperlukan dalam usaha mikro dan kecil serta penggunaannya.

KELEBIHAN

Jurnal ini memiliki kelebihan yaitu hasil penelitian yang baik dan bahasa yang digunakan juga jelas dan mudah dimengerti

DAFTAR PUSTAKA

http://journal.bakrie.ac.id/index.php/INDOCOMPAC/article/view/1602

Tidak ada komentar:

Posting Komentar