Model dan
standar profesi di Eropa (Inggris, Jerman dan Perancis)
Standar Praktek
yang dikembangkan oleh COTEC adalah kode sukarela yang dirancang
untuk membantu Asosiasi Nasional untuk membangun dan mengembangkan
kode nasional sesuai dengan standar Eropa praktek untuk terapis
okupasi. Hal ini dimaksudkan untuk penerapan umum namun dapat
dimodifikasi untuk daerah spesialis misalnya pediatri praktek,
kepedulian masyarakat, dan lain-lain.
Apabila ada
kelompok yang ingin melakukan seperti ini, setiap masalah yang
berhadapan dengan standar praktek harus diberikan kebijakan dan
pertimbangan informasi karena mereka telah disertakan untuk relevansi
mereka untuk satu atau kegiatan lain dari praktek profesional kami.
Hal yang sangat penting adalah isu-isu yang termasuk dalam standar
praktek, saat ini harus relevan dengan anggota profesi yang
menggunakannya.
Standar praktek
COTEC adalah pernyataan kebijakan yang membantu untuk mengatur dan
menjaga standar praktek profesional yang baik. Dalam kasus dimana
keputusan harus dibuat tentang perilaku tidak profesional dari
seorang ahli terapi kerja, kode dapat digunakan sebagai panduan
standar perilaku profesional yang benar. Wakil untuk COTEC diminta
untuk memastikan bahwa penutur aslinya yang menterjemahkan kode
kedalam bahasa Eropa lainnya karena terdapat frase dan istilah yang
sulit diterjemahkan. Terdapat dua bagian utama dalam dokumen ini,
yaitu :
*
Kode
Etik Federasi Dunia Kerja Therapist
* Standar
Praktek COTEC yang dirancang tahun 1991 dan diperbaharui tahun 1996
1.
Pribadi Atribut
Pekerjaan
therapist memiliki integritas pribadi, kehandalan, keterbukaan
pikiran dan loyalitas yang berkaitan dengan konsumen dan bidang
professional dan keseluruhan. Pekerjaan terapis merupakan pendekatan
terhadap semua konsumen yaitu menghormati dan memperhatikan situasi
masing-masing konsumen. Pekerjaan ini juga tidak bertindak
diskriminasi terhadap para konsumen. Rahasia informasi pribadi para
konsumen akan dijamin dan setiap rincian pribadi yang disampaikan
berdasarkan persetujuan mereka.
2.
Perilaku dalam tim terapi pekerjaan dan dalam tim multi disiplin
Pekerjaan
terapis bekerja sama dan menerima tanggung jawab dalam satu tim yang
mendukung tujuan medis dan psikososial yang telah ditetapkan.
Pekerjaan terapis adalah menyediakan laporan tentang kemajuan
intervensi mereka dan memberikan anggota lain dari tim dengan
informasi yang relevan. Pekerjaan terapis berpartisipasi dalam
pengembangan profesional melalui belajar sepanjang hidup dan
selanjutnya menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh
dalam kerja profesional mereka.
3.
Promosi profesi
Pekerjaan
terapis mempunyai komitmen untuk memperbaiki dan mengembangkan
profesi pada umumnya. Mereka
juga prihatin terhadap promosi terapi okupasi yang lain, masyarakat
organisasi professional dan pengaturan badan-badan nasional seta
internasional tingkat regional.
4. Standar
praktek konsumen
Untuk
tujuan standar COTEC Praktek Konsumen, istilah yang digunakan untuk
menjelaskan pasien, klien dan atau wali. Hal ini juga termasuk mereka
yang merupakan tanggung jawab terapis kerja.
Model
dan standar profesi di USA dan Kanada
Pejabat
Keuangan Pemerintah Asosiasi dari Amerika Serikat dan Kanada adalah
organisasi profesional pejabat publik bersatu untuk meningkatkan dan
mempromosikan manajemen profesional sumber daya keuangan pemerintah
dengan mengidentifikasi, mengembangkan dan memajukan strategi fiskal,
kebijakan, dan praktek untuk kepentingan publik.
Untuk mencapai
tujuan tersebut, aparat pemerintah membiayai semua yang diperintahkan
untuk mematuhi standar hukum, moral, dan profesional perilaku dalam
pemenuhan tanggung jawab profesional mereka. Standar perilaku
profesional diatur sebagaimana dalam kode ini untuk meningkatkan
kinerja semua orang yang terlibat dalam keuangan publik.
1. Pribadi
Standar
Petugas
pembiayaan pemerintah harus menunjukkan dan mendedikasikan cita-cita
tertinggi, kehormatan dan integritas dalam semua hubungan masyarakat
serta pribadi untuk mendapat rasa hormat, kepercayaan dan keyakinan
yang mengatur pejabat, karyawan dan masyarakat. Mereka harus mematuhi
praktek profesional yang telah disetujui dan merupakan standar yang
dianjurkan.
2. Tanggung
Jawab Pejabat Publik
Petugas
pembiayaan pemerintah harus mengakui dan bertanggung jawab sebagai
pejabat di sektor publik. Mereka harus menjunjung tinggi
undang-undang, konstitusi, dan peraturan yang mengatur tindakan
mereka dan melaporkan pelanggaran hukum kepada pihak yang berwenang.
3. Pengembangan
Profesional
Petugas
pembiayaan pemerintah bertanggung jawab untuk menjaga kompetensi
mereka sendiri, untuk meningkatkan kompetensi kolega mereka dan untuk
memberikan dorongan bagi mereka yang ingin memasuki bidang keuangan
pemerintah. Petugas pembiayaan pemerintah bertanggung jawab kepada
petugas keuangan untuk meningkatkan keunggulan dalam pelayanan
publik.
4. Integritas
Profesional – Informasi
Petugas
pembiayaan pemerintah harus menunjukkan integritas profesional dalam
penerbitan dan pengelolaan informasi. Mereka harus sensitif dan
responsif terhadap pertanyaan dari masyarakat dan media dalam
kerangka kebijakan pemerintah negara bagian atau lokal.
5. Integritas
Profesional – Hubungan
Petugas
pembiayaan pemerintah harus bertindak dengan kehormatan, integritas
dan kebijakan dalam semua hubungan profesional. Mereka akan
mempromosikan kesempatan kerja yang sama sehingga tidak terdapat
diskriminasi, pelecehan atau praktik yang tidak adil lainnya.
6. Konflik
Kepentingan
Petugas
pembiayaan pemerintah harus secara aktif menghindari munculnya
kenyataan yang berbenturan dengan kepentingan. Mereka tidak akan
menggunakan milik umum atau sumber daya demi kepentingan pribadi atau
politik.
Standar
Profesi di Amerika dan Eropa
Satu
hal penting mengapa profesi pustakawan dihargai di Amerika adalah
bahwa dari sejarahnya, perkembangan profesi pustakawan di Amerika
Serikat sejalan dengan sejarah pembentukan Amerika Serikat sebagai
negara modern dan juga perkembangan dunia akademik. Pada masa
kolonial, tradisi kepustakawanan di dunia akademik merupakan bagian
dari konsep negara modern, utamanya berkaitan dengan fungsi negara
untuk menyediakan dan menyimpan informasi. Oleh
karena itu, profesi purstakawan dan ahli pengarsipan mulai berkembang
pada masa itu.
Sejalan dengan
itu, posisi pustakawan mengakar kuat di universitas-universitas dan
tuntutan profesionalitas pustakawan pun meningkat. Untuk menjadi
seorang pustakawan, Seseorang harus mendapatkan gelar pada jenjang S1
pada area tertentu terlebih dahulu untuk bisa melanjutkan ke jenjang
S2 di bidang perpustakaan. Khusus untuk pustakawan hukum, beberapa
sekolah perpustakaan memiliki jurusan khusus pustakawan hukum.
Untuk
memastikan hal ini, dibentuklah panduan profesi pustakawan yang
memastikan seorang pustakawan harus memiliki gelar profesional
pustakawan. Selain harus memiliki sertifikat, para pustakawan
profesional ini pun juga terus mengembangkan pendidikan profesinya
dengan mengikuti pelatihan-pelatihan di area tertentu yang berkaitan
dengan pengolahan dokumen. Hal ini penting untuk menghadapi
perkembangan dunia elektronik yang juga berpengaruh terhadap
kebutuhan pengguna dan proses pengolahan.
Sementara
itu, pekerjaan-pekerjaan teknis yang berkaitan dengan manajemen dan
pengelolaan perpustakaan seperti scanning dokumen, jaringan internet,
memasang sistem katalog dalam jaringan komputer, dikerjakan ahli‐ahli
yang berfungsi sebagai staf teknis perpustakaan. Umumnya mereka
memiliki latar belakang pendidikan di bidang Teknologi Informasi.
Mereka staf teknis dan bukan pustakawan.
Hal
ini tentu berbeda dengan kondisi di Indonesia. Profesi pustakawan
seringkali ditempatkan hanya sebagai pekerjaan teknis, tukang
mengolah katalog, mencari dan mengembalikan buku perpustakaan
ditempatnya, serta memfotokopi dokumen yang dibutukan pengguna. Tidak
ada pembagian fungsi dan tugas yang tegas antara pustakawan dan staf
teknis.
Contoh
lainnya adalah hubungan profesi pustakawan dengan profesi ahli
bahasa. Pustakawan di Amerika Serikat bekerjasama dengan The Modern
Language Association menyusun panduan yang berkaitan dengan informasi
linguistik yang berisi materi‐materi,
metode‐metode
dan bahkan hal‐hal
mengenai etika yang berkaitan dengan linguistik. Banyak pustakawan
hukum di Amerika Serikat yang juga memiliki gelar hukum dan aktif
melakukan penelitian dan kontribusi lainnya terhadap profesi hukum.
Sehingga, pustakawan tidak berfungsi sekedar sebagai supervisi dan
kolektor dokumen saja. Selain itu, hubungan antar pustakawan dengan
profesi yang didukungnya, misalnya dalam dunia akademik, menjadi
setara
Sumber : iqbalhabibie.staff.gunadarma.ac.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar